BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
ANTISEPTIC DAUN JAMBU, JUARA HARAPAN 3 TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2016

ANTISEPTIC DAUN JAMBU, JUARA HARAPAN 3 TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2016

KARYA UMUM Jumat , 05 Agustus 2016

Tren masyarakat saat ini adalah back to nature (kembali ke alam), mereka ingin kembali menggunakan bahan-bahan alami terutama yang ada pada lingkungan sekitar kita, dikarenakan oleh maraknya penyakit-penyakit yang aneh dan mematikan. Salah satu bahan alam yang mulai dimanfaatkan adalah tanaman jambu. Berdasarkan penelitian tanaman ini baik untuk penyembuhan dan mengobati luka dan infeksi kulit lainnya. Para peneliti telah membuktikan bahwa tanaman ini lebih efektif terhadap penyakit terutama pada kulit. Kelebihan cairan ini adalah kandungan bahan yang alami, tidak bersifat racun, mudah didapat, harga murah dan dapat memanfaatkan sampah organik, cairan ini juga dapat kita olah menjadi bahan dasar sabun antiseptic yang ramah lingkungan.

Kegunaan yang lain dari cairan daun jambu adalah sebagai cairan antiseptik luka (penghilang bau pada luka borok), antiseptik telur (memperpanjang masa telur), antiseptik badan (penghilang bau badan atau keringat), antiseptik kandang (membersihkan kandang ternak), antiseptik lingkungan (menghilangkan bau busuk pada makanan basi, tempat sampah). Jadi dalam ajang Krenova ingin menunjukkan tanaman ini efektif menjadi larutan antiseptik alami.

Pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Kabupaten Temanggung Tahun 2015 yaitu antiseptic daun jambu, berhasil meraih juara harapan 3 pada lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016. Pengumuman pemenang berdasarkan pada surat dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah tanggal 29 Juni 2016, yang memberitahukan tentang pemenang lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 berdasarkan pada Surat keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 072.1/31 Tahun 2016 dan Surat keputusan Kepala Balitbang Provinsi Jawa Tengah Nomor 002/1199/2016 Tahun 2016. Pemberian penghargaan diberikan pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 21 dan Pameran Produk Inovasi (PPI) Tahun 2016 tingkat Provinsi Jawa Tengah, tanggal 10 Agustus 2016 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Bappeda Kabupaten Temanggung selaku penyelenggara lomba rutin Krenova tingkat Kabupaten mengucapkan selamat kepada inovator Antiseptic Daun Jambu sebagai juara harapan 3 tingkat Provinsi Jawa Tengah, semoga dapat lebih membanggakan khususnya Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, dan juga bangsa dan negara. (Lra/Stl)

Agenda Bappeda