BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
CAWANG, POTENSI WISATA ALAM BARU DI TEMANGGUNG

CAWANG, POTENSI WISATA ALAM BARU DI TEMANGGUNG

KARYA UMUM Selasa , 06 September 2016

Cawang, merupakan seuah destinasi wisata alam baru yang ada di Kabupaten Temanggung. Arah menuju Cawang melalui jalan utama ke Embung Kledung, sesampai di pertigaan sebelum masuk Embung Kledung ke kiri. Akses jalan menuju Cawang naik relatif terjal, akan tetapi jalan bebatuannya sudah sedikit baik. Dari jalan raya menuju puncak Cawang membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil, dengan jarak kurang lebih 5 km. Jalan menuju Cawang lebih dekat dibandingkan dengan ke Posong dan Sedadap.

Cawang, destinasi baru yang baru dikembangkan untuk tujuan wisata sekitar 2 bulan yang lalu. Cawang berada di alas sebajing, yang merupakan perbatasan alas warga dengan alas perhutani. Ketika sudah sampai di Cawang, berarti sudah sampai di Pos 1 Pendakian Gunung Sindoro.

Di puncak Cawang, sudah ada gazebo, dan gardu pandang. Keadaan sekitar gazebo dan gardu pandang masih relatif bersih belum ada sampah. Air bersih menjadi kendala di Cawang ini, karena sumber mata air sangat kecil dan ketika kemarau mata air mati. Belum ada tempat parkir di lokasi Cawang ini, hanya saja ada sebidang tanah yang agak luas, yang dapat digunakan untuk pemberhentian satu mobil. Akses jalan tanah untuk sampai di puncak Cawang sudah lumayan bagus, akan tetapi ketika hujan turun, jalanan menjadi sedikit licin, pengunjung diharapkan hati-hati. Terlebih lagi belum ada pembatas pada jalan tanah yang menuju puncak.



Dari informasi yang diterima, untuk sementara waktu pengurus Cawang masih sama dengan pengurus Embung Kledung. Pengurus Embung Kledung sendiri berasal dari Pemuda Kledung yang bergabung di organisasi Grasindo (Gerakan Remaja Anak Sindoro) bermarkas di Kantor Desa Kledung.

Dari pengamatan, pemandangan Cawang bagus dan sangat menarik. Karena perjalanan menuju puncak Cawang dikelilingi oleh hamparan tanaman tembakau. Ketika berada dipuncak, pengunjung akan disuguhi dengan pohon pinus di sebelah atas, dan hamparan tembakau di sebelah bawah. Pemandangan Cawang akan lebih menarik ketika pagi hari, tampak di depan Gunung Sumbing lebih jelas. Di Cawang ini sering digunakan untuk kemah/mendirikan tenda untuk sekedar menghabiskan waktu santai bersama rekan-rekan.

Cawang, objek wisata alam baru yang butuh perhatian lebih karena potensi wisata yang terkandung sangat bagus. Antusias warga sekitar juga Grasindo cukup besar untuk mengembangkan wisata ini. Kabupaten Temanggung memang surganya wisata alam mengingat Kabupaten Temanggung ini berada di 2 (dua) kaki Gunung kembar, Sumbing dan Sindoro. Sebagai masyarakat Kabupaten Temanggung, ayo beramai-ramai mengeksplor potensi alam di wilayah sendiri. (Lra/Stl)

Agenda Bappeda