BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
PEMBANGUNAN EMBUNG ABIMANYU

PEMBANGUNAN EMBUNG ABIMANYU

KAJIAN / ANALISIS Rabu , 27 Desember 2017

Di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung telah dibangun Embung yang diberi nama Embung Abimanyu sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat khususnya untuk tanaman holtikultura. Embung Ngropoh merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung pada Tahun 2013 oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Temanggung dengan nilai kontrak Rp. 1.111.000.000,-  dibangun dengan diatas lahanmilik desa setempat. Embung ini memiliki luas sekitas 90 x 70 meter dengan kedalamam 3.5 meter. 

Berdasarkan hasil pengamatan, saat ini Embung Abimayu masih berfungsi dengan baik. Kinerja Embung ditinjau dengan menggunakan sistem pendekatan aspek-asoek sebagai berikut : yaitu aspek fisik, aspek pemanfaatan, aspek Operasional dan pemeliharaan, dan aspek manajemen organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data. Analisis deskriptif yaitu mengurai hasil penelitian dengan memberikan nilai tertentu terhadap setiap variabel aspek yang ditinjau. Penilaian yang diberikan dengan menggunakan metode skala Likert yakni pengukuran terhadap sikap, pendapat dan pesepsi seseorang atau sekelompok tentang kejadian atau gejala sosial. Kejadian atau gejala sosial ditetapkan secara spesifik sebagai variabel penelitian.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai aspek fisik konsidi variabel pada tanggul sebesar 4.42 dengan kondisi sangat baik, Aspek Pemanfaatan sebesar 4.21 dengan kondisi sangat baik, dan aspek Operasi dan Pemeliharaan sebesar 4.07 dengan kondisi sangat baik juga.


Agenda Bappeda