BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
Sensasi Jaman Old di Pasar Tradisional Papringan

Sensasi Jaman Old di Pasar Tradisional Papringan

PARIWISATA Rabu , 20 Juli 2022

Sedulur dolan lagi bosen dengan kemodernan? pengen merasakan sensasi masa lalu sambil mencoba jajanan khas nya? langsung gas ke Pasar Tradisional Papringan. Berlokasi di Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Sedulur bakal merasakan sensasi "jaman old" saat berbelanja disini. Para penjual yang mengenakan baju lurik, iringan suara gamelan, bahkan saat berbelanja Sedulur menggunakan koin bambu. Disini Sedulur bisa membeli makanan dan minuman khas Temanggung, hasil pertanian penduduk, hingga kerajinan bambu. Selain itu, pasar ini digelar dibawah naungan pohon-pohon bambu, sehingga suasana menjadi sejuk asri dan alami. Udara yang adem dan sejuk bisa buat Sedulur tambah betah disini.


Nah untuk koin bambu, Sedulur bisa menukarnya sebelum masuk pasar. Koin bambu bisa ditukar dengan uang kelipatan Rp. 2000, Rp 20.000 dan Rp. 50.000. Pasar ini juga hanya buka setiap Minggu Wage dan Minggu Pon saja.


Pasar Papringan ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Saat kunjungannya pada Minggu, 13 Maret 2022 silam, beliau mengatakan "Saya mengapresiasi Pak Singgih selaku pendiri atau penggagas Pasar Papringan yang telah menghadirkan destinasi wisata yang memiliki keunikan. Menurut saya ini jadi inovasi sebagai tatanan ekonomi baru. Biasanya kebun bambu gelap, tapi ini disulap jadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja"


Jadi, kalau hari Minggu Pon atau Minggu Wage Sedulur bingung mau kemana, gas aja ke Pasar Papringan. Wisata sekaligus nostalgia suasana "jaman old". Salam dolan-dolan

Agenda Bappeda