BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
BAPPEDA PROVINSI JAWA TENGAH MENYERAHKAN BANTUAN MESIN SANGRAI KOPI (SANGKO) KE SEKOLAH KOPI GEMAWANG

BAPPEDA PROVINSI JAWA TENGAH MENYERAHKAN BANTUAN MESIN SANGRAI KOPI (SANGKO) KE SEKOLAH KOPI GEMAWANG

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 16 September 2022

Kecamatan Gemawang bekerja sama dengan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi dan Diseminasi Hasil-hasil Kelitbangan Mesin Sangrai Kopi (sangko) di Aula Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jumat (16/9/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kabid Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jateng Agung Koenmarjono, Sekretaris Bappeda Temanggung Sanento Budi Setiawan, Camat Gemawang Marlini Tarigan beserta jajaran, Forkopimcam Gemawang, Sekdes se-Kecamatan Gemawang, dan pengurus Sekolah Kopi Gemawang.

Marlini Tarigan dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya Sekolah Kopi Gemawang dapat memberdayakan masyarakat, tidak hanya mengangkat potensi lokal kopi, tetapi juga seni budaya, serta mendongkrak perekonomian dan mengentaskan kemiskinan. Selain itu belia selaku Camat Gemawang juga menyampaiakan ucapan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan bantuan mesin sangrai kopi. Ini sejalan dengan program Pemkab Temanggung, lewat SE Bupati telah mencanangkan kegiatan Jumat Ngopi. Harapan kami, bisa kita manfaatkan, sehingga Gemawang sebagai salah satu penghasil kopi Robusta terbaik di Temanggung, masyarakat Gemawang bisa terangkat perekonomiannya.

Perwakilan dari Bappeda  Kabupaten Temanggung Sanento Budi Setiawan Sekretaris  Bappeda Temanggung menyampaikan, Sekolah Kopi Gemawang merupakan salah satu juara Lomba Krenova Perangkat Daerah di tingkat Kabupaten Temanggung. Dan mengucapkan terima kasih atas dukungan Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Ini merupakan target setelah menjadi juara Krenova, baik tingkat nasional, provinsi ataupun daerah yaitu bisa mendapatkan pendampingan dan dukungan anggaran untuk bisa merealisasikan kreatifitas dan inovasi masyarakat. Harapan kami, bisa dibentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah, yang nanti akan lebih banyak anggaran untuk mendukung inovasi dan kreasi di daerah.

Agung Koenmarjono menjelaskan, bantuan ini merupakan wujud komitmen bersama untuk mengembangkan potensi daerah, khususnya di Kecamatan Gemawang. Mesin sangko merupakan kreasi Mardiono, berasal dari Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, dan merupakan juara utama Krenova tingkat provinsi tahun 2018.


Agenda Bappeda