SOSIALISASI LAPORAN TAHUNAN PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (PUS) KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2018

Bertempat di Aula Progo Bappeda Kabupaten Temanggung, Selasa 11 Desember 2018 telah dilangsungkan Sosialisasi Laporan Tahunan PUS Kabupaten Temanggung Tahun 2018. Sosialisasi dihadiri oleh stakeholder Dunia Pendidikan di Kabupaten Temanggung, mulai dari Perwakilan Guru, Kepala Sekolah SMP, IGTK, Dewan Pendidikan, UPT Dinas Pendidikan, dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yang berjumlah kurang lebih 150 orang. Sosialisasi diawali dengan tarian Warokan dari Siswa SLB Negeri Kabupaten Temanggung.

Sosialisasi dibuka pukul 09.30 oleh Sekretaris Bappeda, dengan memberikan gambaran mengenai kondisi Pendidikan saat ini di Kabupaten Temanggung, mulai dari PAUD, SD, dan SMP. Pada tahun 2017, IPM Kabupaten Temanggung  adalah 68,34, pada kategori sedang, dengan Rata-rata Lama Sekolah 6,90 tahun dan Harapan Lama Sekolah 12,07 tahun. Hal ini menunjukkan dimensi pendidikan di Kabupaten Temanggung cukup lemah. Hanya mengganti satu variabel pendidikan saja, IPM Kabupaten Temanggung menjadi turun drastis. Hal ini tentu perlu mendapat perhatian baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat  Kabupaten Temanggung.

Program PUS atau Education for All (EFA) dideklarasikan dalam acara World Education Forum tanggal 26-28 April 2000 di Dakar, Senegal. Program PUS ini berlangsung dari tahun 2000 hingga tahun 2015. Terdapat 6 (enam) tujuan PUS, yaitu :

1.       Memperluas & meningkatkan pendidikan anak usia dini khususnya bagi anak-anak sangat rawan & kurang beruntung;

  1. Menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar di tahun 2015 untuk semua anak khususnya anak perempuan dan anak dalam keadaan sulit & minoritas;
  2. Mengembangkan proses pembelajaran dan life skills untuk pemuda dan orang dewasa;
  3. Mencapai kemajuan 50% tingkat literasi dewasa di tahun 2015, khususnya bagi perempuan;
  4. Menghapus disparitas gender pada pendidikan dasar dan menengah di tahun 2005 dan meraih kesetaraan gender di tahun 2015; dan
  5. Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Sosialisasi dilanjutkan dengan paparan oleh AKHMAD SARYONO,M.Pd., Kabid SDMP Disdikpora

Kabupaten Temanggung dengan tema “PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2018 dan Ina Sulanti, S.Pd dari SLB Negeri Kabupaten Temanggung yang bertema “Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Bagi Disabilitas di Kabupaten Temanggung”. Materi Sosialisasi dapat diunduh melalui link dibawah ini . (Lra)