BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
Kajian Kemiskinan Kabupaten Temanggung Telah Selesai Dilakukan

Kajian Kemiskinan Kabupaten Temanggung Telah Selesai Dilakukan

Perencanaan Pembangunan Manusia dan Pemerintahan Senin , 28 November 2016


Temanggung, Kabupaten Temanggung yang bekerja sama dengan S2 IIS Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga telah merampungkan kajian kemiskinan di desa merah di desi 1 basis data BDT 2015 pada Selasa (22/11/2016). Penyelesian ini ditandai dengan pelaksanaan seminar hasil kajian yang telah dilakukan. 


Turut mengundang tim teknis, SKPD terkait, dan kecamatan. Harapannya seluruh SKPD di Kabupaten Temanggung dan Kecamatan merespon hasil kajian kemiskinan tersebut. Dra. Gema Artisti Wahyudi, MM menyampaikan tujuan penyusunan Kajian Kemiskinan saat pembukaan Seminar. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya kajian Kemiskinan di Kabupaten Temanggung adalah untuk menganalisa data keluarga miskin yang ada di desa merah Kabupaten Temanggung, teridentifikasinya permasalahan keluarga mskin di Desa Merah, mendeskripsikian upaya yang telah dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam upaya pemecaha masalah, dan yang terakhir tersusunnya rekomendasi sebagai bahan menentukan kebijakan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mengatasi permasalahan keluarga miskin di Desa Merah pada khususnya dan di semua desa pada umumnya.


"Untuk kedepannya akan dilakukan pula kajian di desa kuning, hijau, dan biru", imbuh Dra. Gema Artisti W., MM.


Dalam paparannya disampaikan beberapa rekomendasi kebijakan dari Tim Ahli dari UIN Sunan Kalijaga, antara lain: redefinisi kemiskinan, integrasi data, penguatan dan pengayaan pemberdayaan masyarakat, sinergi dan integrasi program dan pelayanan, penguatan kebijakan, dan identifikasi kekuatan masyarakat. (tan/sos)





Unduh Materi
Agenda Bappeda