BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
KEGIATAN STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN SIPD BAPPEDA KABUPATEN PEMALANG DI KABUPATEN TEMANGGUNG

KEGIATAN STUDI KOMPARASI PENGELOLAAN SIPD BAPPEDA KABUPATEN PEMALANG DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2016 bertempat di Ruang Sindoro Bappeda Kabupaten Temanggung menerima kunjungan dari Bappeda Kabupaten Pemalang dalam rangka melihat pengelolaan sistem informasi pembangunan daerah atau biasa disingkat SIPD. Personil dari Bappeda Kabupaten Pemalang sejumlah 5 orang terdiri dari Kabid Stalap Litbang, Kasubid Litbang, Kasubag Keuangan dan beberapa staf. Berkaitan karena adanya kegiatan musrenbang kecamatan di 5 kecamatan yang diikuti oleh semua Kepala bidang dan Kasubid di Bappeda maka rombongan dari Pemalang diterima oleh Kasubid Statistik.

Pengelolaan SIPD di Bappeda Kabupaten Temanggung dikelola oleh Kasubid Statistik dan menggunakan aplikasi yang dibangun pada tahun 2014 dan sudah dilaksanakan pengelolaannya melalui aplikasi pada tahun 2015. Dengan adanya aplikasi tersebut memudahkan dan mempercepat kegiatan SIPD di Kabupaten Temanggung baik dalam hal pengumpulan data, klarifikasi, maupun pelaporan data-data SIPD dan proses input ke SIPD Biro Bangda.

Setelah acara perkenalan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis tentang pengelolaan SIPD di Kabupaten Temanggung, mulai dari latar belakang, maksud dan tujuan, proses yang dilakukan, serta pihak-pihak yang terlibat. Selain itu juga dilakukan demo online aplikasi SIPD yang sudah dilaksanakan dan dibandingkan dengan pengelolaan SIPD yang masih manual sehingga dapat diketahui secara nyata perubahan dan manfaat yang dapat diperoleh.

Kemudian dilakukan sharing atau diskusi dan tanya jawab seputar pengelolaan sistem informasi pembangunan daerah. Antara lain mengenai kelembagaan, penganggaran, lama pembangunan aplikasi, proses klarifikasi dan valdiasi data, serta manfaat yang diperoleh dengan adanya aplikasi, kerjasama dengan sumber data (IND).

Agenda Bappeda