BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
RAPAT KOORDINASI TIM PENGENDALIAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG

RAPAT KOORDINASI TIM PENGENDALIAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Kamis , 26 Desember 2019

BAPPEDA, Rabu (18/12) bertempat di Aula Progo, bidang Perencanaan, Evalusi dan Informasi Perangkat Daerah (PEIPD) melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah Kabupaten Temanggung.

Rapat di pimpin oleh Bapak Aris Gunawan, MA selaku Kepala Bidang PEIPD dan dilanjutkan oleh Bapak Teguh Supriyanto, SE, M.Si selaku Kepala Sub Bidang Data, Pelaporan, Monitoring dan Pengendalian Evaluasi Pembangunan. Rapat koordinasi  menghadirkan 2 (dua) Narasumber dari Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Muji Purnomo, SE, M.Si dan Ibu Anniyatis Solikhati, SP. Serta menghadirkan juga 2 (dua) programmer yang menangani aplikasi E-Monev yaitu Bapak Nurdin Fauzi Zaman, S.Pd.T dan Bapak Barda Hartana.

Secara definisi evaluasi adalah kegiatan penilaian secara  sistematis dan obyektif atas desain, implementasi dan hasil dari intervensi yang sedang berlangsung atau yang telah selesai. Evaluasi penting untuk menilai  keberhasilan/kegagalan pelaksanaan  kebijakan/ program/ kegiatan serta  menjelaskan permasalahan yang dihadapi.

Tujuan Pengendalian & Evaluasi adalah untuk mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil dari rencana pembangunan daerah, Konsistensi antara RPJPD dengan RPJPN dan RTRW nasional, Konsistensi antara RPJMD dengan RPJPD dan RTRW daerah, Konsistensi antara RKPD dengan RPJMD, dan Kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator-indikator kinerja yg telah ditetapkan. Obyek yang harus dievaluasi dan dikendalikan adalah Kebijakan Perencanaan Bangda, Pelaksanaan Rencana Bangda, dan Hasil Pelaksanaaan Rencana Bangda.

Agenda Bappeda