BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
RAPAT PENYUSUNAN ANALISIS KETENAGAKERJAAN

RAPAT PENYUSUNAN ANALISIS KETENAGAKERJAAN

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Pada hari Senin tanggal 14 Maret 2016 pukul 13.00 WIB di Aula Sindoro Bappeda Kabupaten Temanggung dilaksanakan rapat persiapan awal kegiatan penyusunan Analisis Ketenagakerjaan. Kegiatan ini diampu oleh Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Temanggung. Rapat dihadiri oleh Bappeda dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Fokus pertemuan adalah mengidentifikasi permasalahan, isu strategis dan kebijakan/aturan baru di lingkup ketenagakerjaan. Personil yang hadir dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ada beberapa orang dan memberikan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah, proses kegiatan, tujuan kegiatan, isu dan aturan-aturan baru di ketenagakerjaan.

Berdasarkan hal-hal yang diinformasikan selanjutnya akan dipetakan dan dikelompokkan menjadi beberapa masalah utama yang akan diangkat menjadi isu actual dan menjadi bahan utama dalam analisis ketenagakerjaan. Ternyata setelah terjadi diskusi dan sharing ada beberapa masalah yang timbul di Dinakertrans namun berhubungan dengan pihak lain, misalnya Dinas Pendidikan, Sekolah-sekolah terutama SMA/SMK, lembaga-lembaga kursus, lembaga-lembaga penyalur tenaga kerja. Berkaitan dengan itu maka selanjutnya akan dilaksanakan rapat lagi dengan mengundang pihak-pihak tersebut sehingga diharapkan masalah yang muncul atau diangkat benar-benar merupakan akar masalah.

Beberapa masalah yang ada antara lain adalah belum semua tenaga kerja mengerti dan memahami tentang syarat kerja, belum semua SMA/SMK melaporkan ke Dinakertrans tentang jumlah lulusan yang langsung bekerja/ditempatkan bekerja, belum semua lembaga kursus melaporkan ke Dinakertrans tentang jumlah lulusan yang sudah bekerja, belum semua LPK (lembaga penyalur kerja) bekerja sama dengan Dinakertrans, masih ada tenaga kerja yang bekerja melalui lembaga illegal, belum semua pencari kerja yang mempunyai kartu kuning melaporkan ke Dinakertrans jika sudah mendapatkan pekerjaan, dan lain-lain (IND).

Agenda Bappeda