BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
RAPAT PERSIAPAN PENGEMBANGAN APLIKASI SIPD KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016

RAPAT PERSIAPAN PENGEMBANGAN APLIKASI SIPD KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2016 bertempat di Ruang Sumbing Bappeda Kabupaten Temanggung dilaksanakan rapat persiapan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah Tahun 2016 yang dihadiri oleh beberapa anggota tim pengelola SIPD dan programer SIPD.

Aplikasi SIPD Kabupaten Temanggung yang sudah dibangun pada tahun 2014 dan sistem sudah bermanfaat secara nyata dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan SIPD di Kabupaten Temanggung pada tahun 2015 akan dikembangkan lagi agar lebih sempurna dan lebih berkualitas. Fokus pembahasan pada rapat adalah upaya yang harus dilakukan dalam mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi SIPD sehingga lebih berkualitas dari sisi conten dan pemanfaatan aplikasi.

Beberapa hal yang disepakati sebagai pengembangan antara lain sebagai berikut : (1) Penambahan definisi dan sekilas informasi tentang SIPD di beranda aplikasi sehingga siapapun bisa mengetahui tentang SIPD sebelum melihat data data SIPD, hal ini karena belum semua pihak mengetahui keberadaan data SIPD, (2) Penambahan conten kontak person dan alamat SIPD, (3) Penambahan grafik per elemen data dengan ditampilkan data series 5 tahun, (4) Penampilan data per jenis data selama 5 tahun dalam bentuk tabel, (5) Aplikasi SIPD bisa diakses masyarakat umum secara langsung, hanya bisa melihat data dan grafik selama 5 tahun, tidak ada fasilitas download ataupun excell demi keamanan data, (6) Aplikasi SIPD bisa diakses melalui HP dan menyesuaikan dengan layar HP, (7) Penambahan statistik pengunjung sehingga bisa diketahui jumlah pengunjung aplikasi SIPD, (8) Penambahan fasilitas saran dan masukan untuk aplikasi SIPD, (9) Penambahan fasilitas tanggal publish untuk memberikan pemahaman pada pengguna data tentang kondisi up date data yang ditampilkan.

Fasilitas publish menjadi kewenangan admin Bappeda bukan SKPD karena berkaitan dengan klarifikasi dan vaildasi data SIPD sebelum dipublish untuk umum. Pengembangan aplikasi data SIPD berbasis 20 kecamatan direncanakan selesai pada Bulan Mei 2016 karena Bulan Juni 2016 sudah mulai proses pengumpulan dan entry data SIPD semester satu tahun 2016. Penyempurnaan beberapa content sebagaimana tersebut di atas direncanakan pada Minggu ke 3 Bulan Pebruari 2016 sudah selesai. Proses klarifikasi dan validasi data SIPD (up date Januari 2016) direncanakan selesai pada Minggu ke 1 Bulan Pebruari 2016. Sosialisasi pada masyarakat umum tentang keberadaan SIPD direncanakan pada akhir Bulan Pebruari 2016, dengan mengundang semua SKPD, semua bagian, semua kecamatan, semua instansi vertikal, dan beberapa lembaga serta masyarakat umum sebagai pengguna data dengan harapan data SIPD bisa dimanfaatkan semua pihak (IND).

Agenda Bappeda