BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
KEAJAIBAN TERJADI KARENA KEKUATAN DOA

KEAJAIBAN TERJADI KARENA KEKUATAN DOA

AGAMA Jumat , 05 Agustus 2016

Semua manusia pasti mengalami pengalaman pribadi, pengalaman menyenangkan, menyedihkan, menyakitkan, menyusahkan, memilukan, menyengsarakan, membahagiakan. Aneka rasa yang dirasakan oleh aneka pribadi yang mengalaminya. Bisa jadi kejadiannya sama namun perasaaan yang dialami satu dengan yang lain bisa sama bisa berbeda. Faktor kedewasaan, kecerdasan, kepandaian, kematangan berpikir, kejernihan hati, kebersihan hati dan pikiran, faktor emosi masing-masing yang berbeda sehingga yang dirasakan dan dipikirkan berbeda-beda.

Proses dalam menjalani kehidupan tiap manusia juga berbeda-beda sesuai dengan yang dikehendaki dan diijinkan oleh Allah SWT. Namun dalam proses tersebut bisa muncul suatu keajaiban. Disebut keajaiban karena yang terjadi diluar asumsi kita selaku manusia. Manusia kemampuan berpikirnya sangat terbatas, sehingga beberapa kejadian yang bagi Allah itu sangat mungkin bagi manusia itu tidak mungkin, namun karena terjadi dan manusia menyaksikannya maka sebagian menyebutnya keajaiban. Apapun keajaiban yang terjadi sumbernya pasti dari kehendak dan kuasa Allah SWT.

Kekuatan doa merupakan salah satu sebab terjadinya kejaiban dalam diri manusia. Manusia yang secara medis sudah didiagnosa bahwa penyakitnya tidak bisa disembuhkan namun karena Allah maka bisa sembuh. Manusia yang hatinya buruk dan berkarakter buruk bisa berubah menjadi baik karena kekuatan doa ibunya atau istrinya atau anaknya yang berserah diri pada Allah. Suatu permusuhan antar manusia yang terjadi bertahun-tahun bisa menjadi damai /tidak bermusuhan lagi karena hatinya yang penuh dendam diubah oleh Allah menjadi penuh kasih. Manusia mempunyai hati dan hanya Allah semata yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

Perubahan yang disebut kejaiban itu semua terjadi hanya karena Allah semata, karena Allah Maha Memberi sehingga doa hambaNya yang penuh ketulusan pasti dikabulkan, itulah kekuatan doa. Kekuatan doa melebih segala galanya, apapun yang tidak mungkin terjadi dengan kekuatan doa bisa terjadi. Semua manusia diperkenankan untuk berdoa dan kekuatan doa itu pasti terjadi jika dikehendaki Allah.

Bisa kita lihat banyak hal yang terjadi di dunia dan itu merupakan suatu keajaiban. Tidak perlu melihat sampai keluar negeri, kita tengok saja alur kehidupan diri kita sendiri, keluarga kita dan lingkungan terdekat kita. Pasti banyak keajaiban di sekitar kita. Sesuatu yang membuat kita sebagai manusia akan heran, kagum, takjub, kaget dengan hal tersebut. Keajaiban itu merupakan salah satu kekuasaan Allah. Allah tidak bisa kita lihat secara kasat mata, namun keberadaan dan kekuasaanNya dapat kita lihat melalui ciptaanNya yang ada di diri kita dan sekitar kita. Arti iqro’ tidak sebatas membaca secara tersurat, namun bisa juga diartikan membaca secara tersirat terhadap segala sesuatu yang tercipta. Semoga kita semua menjadi pribadi yang tulus dalam berdoa dan pesan untuk diriku dan semuanya, jangan pernah kita meremehkan kekuatan doa (IND).

Agenda Bappeda