BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
PENTINGNYA INFOGRAFIS KEMISKINAN

PENTINGNYA INFOGRAFIS KEMISKINAN

SOSIAL DAN BUDAYA Senin , 24 Oktober 2016

Oleh: Rinawati Heri P, SE., MM

Kasubbid Pemerintahan Bappeda, Peserta Diklatpim IV


Infografis berasal dari kata serapan bahasa Inggris infographics yang terdiri dari dua suku kata information (informasi) dan graphics (grafis). Secara istilah infografis adalah sebuah upaya menyampaikan informasi dalam bentuk visualisasi data agar mudah dimengerti oleh pembaca dalam bentuk teks dan gambar. Cara penyampaian informasi menggunakan infografis ini sangat membantu untuk mensosialisasikan program-program pemerintah. Salah satu program yang perlu diketahui oleh masyarakat luas adalah program penganggulangan kemiskinan. Pemerintah pusat dan daerah telah menggelontorkan beragam program penanggulangan kemiskinan akan tetapi informasi yang diperoleh masyarakat masih parsial dan terkesan membingungkan. Sehingga perlu adanya sarana pemberian informasi yang efektif, efisen, dan menarik. 


Perubahan basis data sasaran penerima program kemiskinan juga perlu diinformasikan kepada masyarakat, sebagaimana kita ketahui pada tahun 2016 basis data penanggulangan kemiskinan menggunakan BDT 2015 sebagai ganti PPLS 2011. Melalui Sistim Informasi Manajemen Kemiskinan Data Terpadu, Kabupaten Temanggung telah memberikan sebuah ruang untuk masyarakat umum mengetahui siapa saja masyarakat yang masuk dalam data BDT 2015. Selain itu, maysarakat juga dapat memberikan usulan penambahan warga miskin baru kepad pemerintah daerah Kabupaten Temanggung.


Melihat kondisi yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten Temanggung, pembuatan infografis kemiskinan di Kabupaten Temanggung sangat diperlukan. Hal ini merupakan lompatan besar dalam rangka keterbukaan informasi kepada masyarakat. Melalui infografis kemiskinan masyarakat akan mengetahui potret kemiskinan kabupaten Temanggung berdasar BDT 2015, penjelasan program kemiskinan yang bersumber dari dana APBN, APBD I, dan APBD II, serta penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi SIM Kemiskinan. Melalui infografis data-data kemiskinan dapat disajikan secara menarik dan tidak menjemukan. Ada satu hal yang perlu dipahami, kunci utama dalam infografis adalah konsep visual dengan ilustrasi yang menarik serta validitas data yang disajikan didalamnya. 


Ada bermacam-macam jenis infografis yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kemiskinan.

1. Infografis Statis

Infografis statis adalah infografis yang disajikan dalam bentuk gambar. Jenis infografis ini merupakan infografis yang umum ditemui dan merupakan jenis infografis paling sederhana. Infografis statis dapat dicetak untuk menjadi pamflet yang disebarluaskan kepada masyarakat.

2. Infografis Animasi

Infografis animasi merupakan penggabungan konsep audio visual dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi. Infografis ini dapat dilihat oleh pengguna youtube atau televisi. Infografis animasi akan lebih menarik karena adanya gambar bergerak dengan backsound musik instrumental dan penejelasan tiap info.

3. Infografis Interaktif

Jenis infografis yang ketiga ini merupakan infografis yang paling kompleks dibandingkan dengan infografis lainnya. Infografis interaktif dapat ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informas yang ditampilkan melalui user interface yang telah di deain.



Agenda Bappeda