Bappeda Kabupaten Temanggung

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
TEMANGGUNG, SURGA WISATA ALAM DI KAKI GUNUNG SINDORO SUMBING

TEMANGGUNG, SURGA WISATA ALAM DI KAKI GUNUNG SINDORO SUMBING

KARYA UMUM Jumat , 05 Agustus 2016

Temanggung, mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan nama Kabupaten ini. Temanggung berada di Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Semarang. Temanggung berada di kaki dua gunung yaitu gunung Sumbing dan gunung Sindoro. Hawa pegunungan yang segar dan dingin sangat terasa ketika memasuki wilayah Kabupaten ini. Temanggung kota kecil yang banyak orang tidak tahu, akan tetapi memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa.

Temanggung terkenal sebagai negeri tembakau. Karena berada di kaki gunung, tidak heran apabila Temanggung mempunyai wisata alam bahkan pegunungan yang sangat banyak dan masih belum banyak terjamah oleh para pecinta wisata. Posong, terletak di Kecamatan Kledung sudah menjadi tempat favorit para pecinta wisata. Ketika berada di Posong kita dapat melihat gunung-gunung tetangga, dan sunrise. Embung juga menjadi salah satu tujuan favorit anak-anak muda untuk berwisata alam. Temanggung sudah membangun banyak embung, yang digunakan sebagai perairan ladang disekitar embung, selain itu juga dimanfaatkan untuk wisata. Beberapa embung yang ada di Kabupaten Temanggung, diantaranya Embung Kledung, Embung Tlogopucang, Embung Ngropoh, Embung Walitis. Kisah situs liyangan juga semakin favorit. Sampai dengan saat ini masih digali dan diteliti oleh para ahli mengenai situs Liyangan ini. Luas situs Liyangan ini diperkirakan lebih luas dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Situs Liyangan bukan berupa kerajaan, melainkan sebuah pedesaan pada masa jaman Kerajaan Majapahit.

Akan tetapi tidak terhenti sampai disitu saja. Beberapa keindahan alam masih banyak dapat dirasakan ketika singgah di Temanggung. Telaga Sedengok, berada di kecamatan Bansari. Telaga ini sangat asri dan mampu memberikan efek relaksasi bagi pengunjung. Suasana aman, nyaman, dingin, segar, dan tenang dapat diperoleh ketika memasuki area telaga ini. Dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km dari tempat parkir kendaraan bermotor, maka rasa lelah akan terbayar ketika sudah sampai di lokasi wisata ini. Jalan menuju telaga memang masih sangat minim, hanya jalan setapak yang berada memotong bukit sehingga berada di tepi tebing yang cukup curam. Pengunjung sebaiknya berhati-hati ketika berjalan kaki, karena selain tebing yang cukup curam, juga terdapat batu-batu yang menonjol keluar sehingga jalan setapak tertutup.

Terdapat banyak air terjun atau sering disebut curug di Kabupaten Temanggung. Yang terbaru adalah curug Onje yang terdapat di Desa Duren Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung yang berbatasan langsung dengan Wilayah Kabupaten Kendal. Curug ini sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya baru-baru ini saja terekspos oleh pecinta wisata alam. Curug onje memiliki 7 tingkatan yang sangat tinggi kecuramannya. Akses jalan menuju ke lokasi air terjun Onje ini sangat sulit. Pengunjung harus jalan kaki dengan kejauhan 5 km dari tempat berhentinya kendaraan bermotor dengan kondisi jalan setapak yang memotong bukit. Akan tetapi rasa lelah karena berjalan kaki sampai ke lokasi akan terbayar lunas ketika sampai di Curug Onje ini. Hawa dingin dan segar langsung terasa, diiringi rimbunnya pepohonan dan gemericik suara air, akan menambah relaksasi tubuh setelah lelah berhiruk pikuk dengan rutinitas sehari-hari.

Tempat wisata diatas hanya merupakan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Temanggung. Temanggung menyimpan surga lereng gunung yang sangat menarik. Perlu eksplorasi lebih dan pembenahan tempat wisata oleh pemerintah Kabupaten Temanggung agar tempat wisata yang ada di wilayah Temanggung dapat dinikmati oleh pecinta wisata, dan dapat membawa nama Temanggung ke khalayak ramai.(Lra/Stl)

Agenda Bappeda