BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
BENCHMARKING PENYUSUNAN DOKUMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DARI BAPPEDA KABUPATEN PATI

BENCHMARKING PENYUSUNAN DOKUMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DARI BAPPEDA KABUPATEN PATI

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Senin , 21 Oktober 2019

Bertempat di Ruang Sindoro, Selasa (8/10) Bappeda Kabupaten Temanggung menerima Benchmarking Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah  dari Bappeda Kabupaten Pati.

Bappeda Kabupaten Pati menghadirkan ±30 orang peserta, pada acara tersebut dipimpin oleh Bapak Ripto Susilo, SH, M.Si selaku Kepala Bappeda dan dibuka oleh Kepala bidang PEIPD yaitu Bapak Aris Gunawan, MA. Materi dipaparkan oleh Bapak Dwi Sukarmei, ST, MT selaku Kasubid Perencanaan Program dan Informasi Pembangunan Daerah.

Kabupaten Pati dalam penilaian PPD tahun 2019 berada pada peringkat  4 (empat) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Acara ini adalah kesempatan untuk  sharing tips bagaimana agar bisa lolos menjadi juara Nasional PPD dan upaya-upaya dalam Pengelolan perencanaan, agar efektif dan efisien.

 

Kendala utama yang dihadapi Kabupaten Pati adalah belum adanya sinkronisasi antara  e-planning dengan e-budgeting. Bahan diskusi  antara lain seputar perencanaan tematik, pagu khusus bagi DPRD dan bagi Bupati. Bagaimana hal itu bisa terlaksana di Kabupaten Temanggung, serta strategi Bappeda dalam melakukan komunikasi dan koordinasi dengan PD serta legislatif dalam memperoleh dukungan dalam mewujudkan inovasi di bidang perencanaan.  Hal ini bisa terwujud  dengan  landasan hukum yang jelas dan administrasi yang rapi dan lengkap.

Agenda Bappeda