BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
DESK VERIFIKASI RKO BANTUAN KEUANGAN KEPADA KABUPATEN/KOTA HOTEL ATRIA, 15-17 MARET 2016

DESK VERIFIKASI RKO BANTUAN KEUANGAN KEPADA KABUPATEN/KOTA HOTEL ATRIA, 15-17 MARET 2016

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Pada hari Selasa-Kamis tanggal 15-17 Maret 2016 di Hotel Atria Magelang dilaksanakan kegiatan desk verifikasi rencana kerja operasional (RKO) Bantuan keuangan kepada kabupaten/kota tahun anggaran 2016. Penyelenggara kegiatan adalah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan sasaran atau peserta desk semua kabupaten/kota yang termasuk wilayah Bakorwil II yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Boyolali, ……. Masing-masing kabupaten/kota diikuti oleh beberapa SKPD yang mengelola bantuan keuangan seperti Bappeda, Bapermades, DPU, RSU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas ESDM, dan lain-lain.

Verifikator dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terbagi menjadi 4 kelompok yaitu Biro Keuangan, Bappeda, Biro Bangda, Dinas Pendidikan dan Bapermas. Setiap SKPD pengelola kegiatan sebelum desk harus mempersiapkan berkas RKO yang terdiri dari uraian kerja operasional beserta lampiran-lampirannya sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Aplikasi Simbankeu. Proses pembuatan RKO tidak boleh manual karena harus melalui aplikasi Simbankeu beserta proses cetaknya. Semua lampiran dan data dukung juga harus diupload melalui aplikasi Simbankeu, misalnya DPA, RAB, Foto, Desain, Jadwal, Surat pengantar, dan Surat kesediaan sharing.

Para pengelola kegiatan harus mengikuti desk di masing-masing verifikator, mulai dari staf lalu kasubid dan terakhir kabid pada masing-masing kelompok. Saat desk, verifikator memeriksa kelengkapan berkas RKO dan mencermati isi RKO, jika ada hal-hal yang ditanyakan maka pengelola kegiatan harus mampu menjelaskan. Jika berkas sudah lengkap dan benar sesuai ketentuan selanjutnya diparaf oleh masing-masing verifikator. Setelah semua verifikator tanda tangan ( sembilan orang ) maka proses desk sudah selesai dan menjadi kewajiban pengelola kegiatan untuk menjilid dan menyerahkan berkas pada masing-masing biro.

Kegiatan desk diselenggarakan selama tiga hari dari pagi sampai malam hari ( pukul 08.00 s/d 20.00 WIB) karena pesertanya sangat banyak dan ada kemungkinan berkas kurang lengkap atau ada yang salah sehingga panitia memberi kesempatan pada peserta untuk memperbaiki dan melengkapi dan selanjutnya bisa langsung desk lagi. Kegiatan desk yang dilaksanakan selama tiga hari dan pada satu tempat sangat menguntungkan bagi pengelola kegiatan karena tidak perlu mencari para verifikator ke beberapa tempat karena para verifikator standby di lokasi selama 3 hari.

Kabupaten Temanggung mendapatkan dana bantuan keuangan kepada kabupaten /kota dengan SKPD pengelola adalah Bappeda (SIPD, FEDEP, PUS, TKPKD), RSUD (alat kedokteran), Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan dan Bapermades. Pada hari pertama yaitu hari Selasa 15 Maret 2016 yang sudah final RKO nya adalah kegiatan FEDEP, PUS dan TKPKD. Sedangkan untuk kegiatan yang lain belum selesai karena belum semua verifikator hadir dan sebagian karena berkas belum lengkap dan dilanjutkan pada hari Rabu dan Kamis.

Selama tiga hari Bappeda Kabupaten Temanggung bersama dengan Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Temanggung memfasilitasi dan mendampingi SKPD dalam pelaksanaan desk mulai dari pagi sampai malam. Sebelum proses desk sudah dilaksanakan beberapa kali pertemuan dengan SKPD baik oleh Bappeda maupun Bagian pembangunan Setda dengan harapan pengelola kegiatan bisa mempersiapkan lebih dini berkas RKO nya (IND).

Agenda Bappeda