RAPAT KOORDINASI PROGRES PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH (SIPD) TAHUN 2019

BAPPEDA, Senin (28/10) bertempat di Ruang Kerja Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung dilaksanakan Rapat Koordinasi Progres Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Tahun 2019.

Rapat di pimpin oleh Bapak Aris Gunawan, MA selaku Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan (PEIPD) Bappeda. Peserta rapat adalah Tim Pengembangan Aplikasi SIPD Berbasis Spasial.

Pengembangan aplikasi di tahun 2019 ini adalah untuk digitasi pada peta. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mencari data yang dibutuhkan. Kendala dari kegiatan ini diantaranya tidak semua data bisa dispasialkan.  Alasan memilih jasa pihak ketiga yang saat ini melaksanakan kegiatan adalah agar source code bisa diambil untuk dikembangkan.

Saat ini progres kegiatan pengembangan adalah baru input sampai data master (Kecamatan, Kelurahan, Desa, Dusun, Perangkat Desa, Puskesmas dll). Dalam pembuatan data spasial ini pengembang membutuhkan peta ArcGIS dan diharapkan pihak Bappeda bisa membantu menyediakannya. Untuk hosting rencana akan dititipkan ke server BKPSDM Kabupaten Temanggung sebelum nantinya dititipkan ke server Kominfo. Data yang sudah tersedia segera dipilah mana yang sudah ada digitasinya dan mana yang belum. Untuk data yang belum ada digitasinya maka segera ditindak lanjuti agar proses pengembangan aplikasi data spasial berjalan dengan baik.