BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
KICK OFF PROGRAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN SANITASI PERMUKIMAN KABUPATEN TEMANGGUNG

KICK OFF PROGRAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN SANITASI PERMUKIMAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Bertempat di Ruang Rapat Sindoro, Sumbing, dan Prau Bappeda telah dilaksanakan kick off program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman Kabupaten Temanggung) yang dihadiri oleh SKPD terkait, 20 (dua puluh) kecamatan se Kabupaten Temanggung, 23 (dua puluh tiga) kelurahan se Kabupaten Temanggung, dan perwakilan dari Desa-desa se Kabupaten Temanggung.

Rapat dimulai pukul 09.30 WIB dibuka oleh Sekretaris Bappeda. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Kepala Bappeda yang diwakilkan oleh Kabid bidang Prasarana Wilayah Bappeda, Joko Budi Nuryanto, SIP, MSi. Kick off selanjutnya diisi dari petugas sanitasi Kabupaten Temanggung dan penjelasan pengisian kuesioner yang sudah dibagikan kepada peserta.

Peserta kick off didominasi oleh Perempuan, karena memang sanitasi berhubungan dengan ibu rumah tangga secara tidak langsung. Dalam kuesioner tersebut, dicantumkan mengenai informasi responden dimana responden ditujukan untuk yang perempuan. Selain itu disebutkan pula tentang pengelolaan sampah rumah tangga, pembuangan air kotor/limbah tinja manusia dan lumpur tinja, drainase lingkungan/selokan sekitar rumah dan banjir, pengelolaan air minum masak mencuci dan gosok gigi yang aman dan higieni, sumber air, pengolahan penyimpanan dan penanganan air yang baik dan aman, perilaku higieni/sehat, dan kejadian penyakit diare.

Pada tahap kuesioner pengamatan, subtansinya antara lain melihat dan mengamati dapur dan sekelilingnya, melihat dan mengamati kamar mandi, melihat dan mengamati WC/jamban, melihat dan mengamati tempat mencuci pakaian, dan melihat dan mengamati halaman/pekarangan/kebun.

Rapat ditutup oleh Kabid Praswil pada pukul 13.30 WIB.(Lra/Stl.)

Agenda Bappeda