BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
KUNJUNGAN KERJA BAPPEDA KABUPATEN KULONPROGO KE BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM RANGKA IMPLEMENTASI PLANNING DSS

KUNJUNGAN KERJA BAPPEDA KABUPATEN KULONPROGO KE BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM RANGKA IMPLEMENTASI PLANNING DSS

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Rabu , 02 Januari 2019

Rabu, 28 November 2018 bertempat di Ruang Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung, menerima kunjungan kerja dari Bappeda Kabupaten Kulonprogo. Kunjungan kerja dimaksud untuk mengetahui implementasi e-Planning DSS dalam penyusunan dan pengendalian dokumen perencanaan yang ada.

Planning DSS adalah hasil sebuah inovasi dari kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Temanggung pada saat mengikuti Diklatpim III angkatan VII tahun 2018. Planning DSS atau Planning Decision Support System merupakan sebuah aplikasi pendukung sistem perencanaan. Aplikasi ini memiliki konsep yang sederhana, yaitu menggabungkan beberapa sistem yang sudah ada di Kabupaten Temanggung kedalam satu sistem tanpa merubah susunan dan tatanan dari sistem tersebut. Pada saat penerapan aplikasi ini, akan menggunakan beberapa variabel yang menjadi pendukung sistem perencanaan, antara lain Data Aset, Data Kepegawaian, Data SIPD, Laporan Evaluasi, Data Lokus Dana Aspirasi DPRD, dan Data Kemiskinan.

Dengan adanya sistem ini, diharapkan perencana baik Bappeda maupun Perencana Perangkat Daerah dapat meningkatkan kualitas perencanaan demi kemajuan Kabupaten Temanggung. Bappeda kabupaten Kulonprogo dan Bappeda Kabupaten Temanggung akan bersama-sama belajar dalam mengimplementasikan sistem Planning DSS ini, mencukupi kebutuhan para perencana. (Lra)

Agenda Bappeda