BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
LOMBA AJANG KREASI DAN INOVASI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016

LOMBA AJANG KREASI DAN INOVASI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016

Penelitian dan Pengembangan Jumat , 05 Agustus 2016

Pada tahun 2016 ini, Bappeda Kabupaten Temanggung kembali mengadakan lomba ajang kreasi dan inovasi (KRENOVA) mengingat potensi sumberdaya alam dan kearifan lokal yang luar biasa di Kabupaten Temanggung. Hal tersebut juga sejalan dengan Visi Bupati Temanggung yang berbunyi "Terwujudnya Temanggung Sebagai Daerah Agraris Berwawasan Lingkungan, Bermasyarakat Agamis, Berbudaya, dan Sejahtera dengan Pemerintahan yang Bersih". Melalui ajang Krenova tersebut diharapkan masyarakat dapat memotivasi kreativitas dan inovasi masyarakat umum secara lebih leluasa dalam bidang apapun.

Ajang Krenova tahun 2016 ini menjaring kreativitas dan inovasi dari kalangan Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat umum yang memiliki KTP Temanggung, boleh dilakukan secara individu maupun berkelompok. Kriteria krenova terdiri dari : agribisnis (pertanian dan pangan), energi, kesehatan,obat-obatan dan kosmetika, kehutanan dan lingkungan hidup, rekayasa manufaktur, pendidikan, kerajinan dan industri rumah tangga, sosial, dan kelautan dan perikanan. Adapun tatacara pendaftarannya yaitu temuan disampaikan dalam bentuk proposal dan dikirim ke Bappeda Kabupaten Temanggung dilengkapi dengan lampiran dan syarat-syarat yang telah ditentukan. Selanjutnya akan dinilai oleh tim dewan juri melalui beberapa tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, verifikasi, dan penjurian.

Hasil karya dari ajang Krenova merupakan hasil kreativitas dan inovasi murni dari peserta baik individu maupun kelompok yang akan diterapkan di daerah lokasi peserta. Temuan dapat dengan mudah didiseminasikan dan diadopsi oleh masyarakat umum. Teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga. Bahan baku yang digunakan berbasis lokal dan ramah lingkungan. Dapat direkomendasikan ke produsen dan akademisi. Mempunyai skala investasi dan manajemen yang terjangkau oleh masyarakat, dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Pendaftaran lomba Krenova tahun 2016 dibuka mulai hari ini, 1 April 2016 sampai dengan 22 Juli 2016. Diharapkan masyarakat dapat aktif dan ikut serta memeriahkan lomba ini, karena total hadiah yang disediakan senilai Rp 9 juta dan pemenang akan dikirimkan ke Provinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Temanggung dalam lomba Krenova Tingkat Provinsi, juga akan mendapatkan Hak Paten. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan datang ke Kantor Bappeda Kabupaten Temanggung, yang beralamat di Jalan Kadar Nomor 12 Kelurahan Sidorejo Temanggung, ke bidang Statistik dan Litbang di Lantai 2 gedung sayap kiri. (Lra/Stl)

Agenda Bappeda