BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
MESIN SANGKO MELAJU KE SELEKSI PPBT KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019

MESIN SANGKO MELAJU KE SELEKSI PPBT KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Rabu , 02 Januari 2019

Mardiyono, warga Dusun Grubug, Wonotirto, Bulu, Kabupaten Temanggung terdaftar menjadi peserta Seleksi  Presentasi Tenant PPBT Tahun 2019 Kemenristekdikti dengan Mesin Sangko (Sangan Kopi). Seleksi Presentasi PPBT Tahun 2019 Kemenristekdikti dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Inventor mendapatkan jadwal presentasi pada tanggal 11 Desember 2018 dan didampingi oleh Tim Tenant Marketing Sangan Kopi.

Pada proses seleksi PPBT Tahun 2019 inventor diwajibkan untuk mengunggah dokumen yang menjadi persyaratan wajib untuk mengikuti Seleksi Presentasi PPB Tahun 2018. Adapun bahan presentasi tenant yang harus disiapkan yaitu capaian tahun sebelumnya (2018), legalitas produk, Business Model & Business Model Canvas, pasar, rencana aksi tahun 2019, cashflow dan RAB.

Program PPBT merupakan skema pendanaan yang diberikan kepada pengusaha pemula berbasis teknologi (startup) melalui lembaga inkubator untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka yang diharapkan mampu berkontribusi untuk perekonomian masyarakat dan meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Perlajanan Mardiyono dengan Mesin Sangan Kopi sehingga dapat melaju ke Seleksi Presentasi Tenant PPBT Tahun 2019 berawal mula dari mengikuti Lomba Krenova Masyarakat Kabupaten Temanggung Tahun 2016 dan mendapatkan juara pertama. Lomba Tersebut diselenggarakaan oleh BAPPEDA Kabupaten Temanggung. Dari lomba tersebut inventor di ajukan untuk mengikuti Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Pada Tingkat Provinsi Jawa Tengah, inventor mendapatkan 10 (sepuluh) besar juara pertama Krenova Provinsi Jawa Tengah. Seiring dengan kegiatan perlombaan yang sering diikuti oleh inventor, maka inventor beserta produknya diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ? pelatihan dan pameran ? pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Adapun keuntungan yang didapatkan oleh inventor adalah fasilitasi pendaftaran HKI, Technopreneur dan mengikuti pameran.

Mesin Sangan Kopi juga sudah dipesan oleh para petani kopi di wilayah Kabupaten Temanggung dan luar daerah. Dengan adanya inovasi seperti mesin sangko dapat menumbuhkan minat warga Temanggung dalam menciptakan inovasi ? inovasi produk baru di Temanggung.

Agenda Bappeda