BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
Penilaian Ajang Lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) tahun 2016

Penilaian Ajang Lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) tahun 2016

Penelitian dan Pengembangan Kamis , 17 November 2016

Temanggung, Bappeda Kabupaten Temanggung Jl. Kadar No.12 Kelurahan Sidorejo melaksanakan penilaian Ajang Lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) tahun 2016 bertempat di ruang rapat Sindoro Bappeda Kabupaten Temanggung. Kepala Bidang Stalitbang Bappeda Kabupaten Temanggung Bapak Danang Purwanto, S.Sos, M.Si membuka acara pada pukul 10.00 WIB didampingi oleh Kasubid Litbang Ibu Hesti Iriyani, S.Sos.

“Kegiatan Krenova merupakan Ajang Apresiasi  Pemerintah Kabupaten Temanggung terhadap bentuk-bentuk kreativitas dan inovasi masyarakat. Dalam rangka mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat terhadap Iptek maka Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berjasa dalam memajukan Iptek, yaitu individu maupun kelompok yang telah berhasil sebagai penggali, penemu atau pengembang Iptek dan karya-karyanya secara nyata berhasil memajukan Iptek terterapkan dan teruji”. Penjelasan dari pak Danang saat membuka acara.

Pak Danang juga menginformasikan bahwa semua pihak dapat berperan serta dalam kegiatan Krenova, baik perseorangan/ kelompok/ lembaga sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kepada dewan juri kami harapkan untuk dapat memberikan penilaian secara objektif untuk memilih wakil peserta untuk mewakili Kabupaten Temanggung ke tingkat selanjutnya”. Tambahan dari Pak Danang.

Ibu Hesti Iriyani, S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan Krenova telah dimulai sejak tahun 2007, pada tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya kita pernah berhasil mengirimkan utusan Kabupaten Temanggung sampai ke tingkat Provinsi bahkan ke tingkat Nasional. Tahapan pelaksanaan Krenova tahun 2016 telah kita lalui mulai dari :

1. Sosialisasi melalui poster, brosur dan rapat;

2. Penerimaan pendaftaran;

3. Penilaian secara bertahap, meliputi : seleksi administrasi, seleksi substansi, presentasi di hadapan Tim Kabupaten, penentuan 3 (tiga) besar dan penetapan.

Dari tahapan diatas, pada hari Kamis (10/11/2016) akan dilakukan presentasi di tahapan 6 (enam) dewan juri berasal dari Dinas/Instansi di Kabupaten Temanggung oleh 6 (enam) peserta, baik peserta secara perorangan maupun kelompok. Pada tahun ini bidang yang diikuti cukup beragam, yaitu : pangan/pertanian, otomotif/rekayasa manufaktur, serta industri dan rumah tangga.


Dari penilaian pada hari Kamis tersebut masih terdapat beberapa karya yang perlu ditinjau ke lapangan yang direncana akan dilaksanakan pada hari Selasa (22/11/2016), diantaranya adalah : go-kart dan modofikasi sepeda motor sebagai alat pemadam kebakaran mini karya dari SMK Ganesa Satria 4 Kedu serta pemanfaatan sampah daun kiara payung sebagai pewarna alam pada pembuatan kreasi kain jumputan karya dari SMA N 3 Temanggung. (Rv/stl)

Agenda Bappeda