BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL DI TEMANGGUNG

PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL DI TEMANGGUNG

Sekretariat Kamis , 06 Oktober 2022

    Dalam Rangka Memperingati Hari Batik Nasional 2022, Kabupaten Temanggung menggelar acara 3 hari berturut-turut. Sarasehan Batik dengan tema 'Peran Batik dalam Issue Global Sustainable Fashion' pada hari pertama Jum'at, tanggal 30 September 2022 di Papringan Kelingan, Desa Caruban, Kecamatan Kandangan. Narasumber kegiatan ini para penggiat batik yaitu diantaranya, Pemilik Batik Kelingan Sri Wahyuni, Pemilik UMK Shibiru Fatah Syaifur Rochman, Akademisi dan Pelaku Batik Warna Alam yaitu Reni Octaviani, dan Kadinbudpar Temanggung yakni Saltiyono Atmaji. Di sini secara jelas diberikan penjelasan tentang perjalanannya sebagai pembatik selama ini, proses pembuatan bahan baku batik warna alam, keseharian pembatik di lingkunganya, dll. Sementara dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung sangat mengapresiasi kegiatan ini dan memotivasi para pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi dengan batik Temanggung.


    Pada hari kedua Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022  adalah Kegiatan  Nyanting Bareng, peserta diberikan ilmu mengenai cara membatik, mulai dari mencanting, pewarnaan, dan pelorodan. Peserta dibagi menjadi 9 kelompok dimana setiap kelompok membuat sketsa sendiri kemudian dilanjutkan nyanting bareng. Acara ini diikuti oleh siswa siswi sekolah menengah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap batik dan sekaligus mempersiapkan generasi penerus pembatik Temanggung.

    Pada puncak acara peringatan hari batik yaitu yang bertepatan di Hari  Batik Nasional yang jatuh pada Hari  Minggu, tanggal 2 Oktober 2022 di City Walk Alun-alun digelar Parade Batik Temanggung. kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan serta mengenalkan kepada masyarakat luas tentang eksistensi batik Kabupaten Temanggung yang khas. Kegiatan ini diambil dari produk lokal Temanggung  dari 30 pembatik dan dimeriahkan oleh 60 model, diantaranya perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan, Duta Genre dan Forum Anak Kabupaten Temanggung. Ketiga rangkaian acara ini dipersembahkan oleh Rumah Batik Temanggung yang bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Temanggung, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Temanggung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, dan beberapa sponsor.

 

Agenda Bappeda