BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
RAPAT PENDALAMAN INOVASI YANG TELAH DILAKUKAN OLEH PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG

RAPAT PENDALAMAN INOVASI YANG TELAH DILAKUKAN OLEH PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TEMANGGUNG

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Senin , 09 Desember 2019

Bertempat diruang Rapat Sindoro Bappeda Kabupaten Temanggung, Rabu (04/12) bidang Perencanaan, Evalusi dan Informasi Perangkat Daerah (PEIPD) melaksanakan Rapat tentang Pendalaman Inovasi yang telah dilakukan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang PEIPD, Bapak Aris Gunawan, MA. Materi dipaparkan oleh Bapak Dwi Sukarmei, ST, MT selaku Kepala Sub Bidang Perencanaan Program dan Informasi Pembangunan (PPIP). Peserta  rapat terdiri dari Dinas Kesehatan, Dindikpora, Disperindagkop UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, BPP Kaloran (pemenang krenova tahun 2019) beserta kabid, kasubid dan staf Bappeda Kabupaten Temanggung.

Pada rapat tersebut dijelaskan tentang format dokumen inovasi sebagai berikut : pendahuluan, Pendekatan Strategis, Input, dan Rencana Kerja. Pendahuluan yang dimaksud berisi tentang Keterkaitan inovasi yang dikembangkan dengan tema RKP 2020, Tujuan dan Sasaran, Output yang dihasilkan serta Outcome yang akan dicapai. Untuk Pendekatan Starteginya berisi tetang Kerangka Logis (Permen PPN No. I/2017 tentang Pedoman Evaluasi Pembangunan Nasional), Regulasi yang dikeluarkan terkait pelaksanaan inovasi, Strategi pelaksanaan inovasi Kebaruan inovasi yang dikembangkan, Perkembangan pelaksanaan kegiatan pengembangan inovasi, Masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya, dan Keberhasilan yang telah dicapai dengan indicator keberhasilannya.

Input yang dimaksud berisi tentang Sumber daya manusia, Kelembagan, Metode Pelaksanaan, Anggaran, serta Sarpras yang diperlukan. Sedangkan untuk rencana kerjanya berisi tentang penjelasan aktivitas pelaksnaan kegiatan inovasi dari persiapan pelaksanaan sampai dengan hasil yang diharapkan.

Rapat ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami tentang inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung di tahun 2019, dan diharapkan untuk tahun berikutnya Perangkat Daerah dapat menemukan inovasi terbaru untuk dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Agenda Bappeda