BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG

BAPPEDA Kabupaten Temanggung
Satu Perencanaan Untuk Semua
Tentrem Marem Gandem
One Plan For All
SEMINAR DISEMINASI PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2018

SEMINAR DISEMINASI PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2018

Perencanaan, Evaluasi, Data dan Informasi Pembangunan Rabu , 02 Januari 2019

Bappeda Kabupaten Temanggung pada tanggal 18 Desember 2018 mengadakan Seminar Diseminasi Analisis Pendidikan Dasar Kabupaten Temanggung Tahun 2018 yang bertempat diruang Sumbing. Seminar tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Analisis Pendidikan Dasar yang bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dasar serta memberikan rekomendasi kebijakan kebutuhan guru dan pendanaan pendidikan.

 

Seminar dihadiri oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Komisi D DPRD, Tim Teknis Pendidikan Dasar, Dindikpora, Dewan Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Temanggung dan dinas terkait lainnya. Dan serta Ripto Susilo, SH., M.Si., selaku Plt. Kepala Bappeda sebagai pimpinan seminar.

            Kajian Analisis Pendidikan Dasar Kabupaten Temanggung merupakan Kerjasama BAPPEDA dengan LPPM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kajian ini dilaksanakan karena adanya  permasalahan Pendidikan Dasar yang ada di Kabupaten Temanggung diantaranya kebutuhan guru (jumlah, kondisi, rasio, sebaran terkait pendidikan dasar SD, SMP), indeks biaya pendidikan siswa per tahun dan profil standar pendidikan dan tenaga pendidik.

            Hasil seminar yang dipresentasikan oleh Tim Ahli UNY terdapat beberapa rekomendasi kebijakan pendidikan dengan mendasarkan pada kondisi guru, sekolah dan pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan, standar pengelolaan pendidikan, dan standar pembiayaan. Dari hasil rekomendasi tersebut perbaikkan mutu pendidikan di Kabupaten Temanggung dapat tercapai apabila kebijakan berbasis penelitian bisa direalisasikan.

Agenda Bappeda