Detail Berita

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 77 Tahun 2019 tentang Peraturan Internal Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung, RSUD Kabupaten Temanggung memiliki tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan upaya penyembuhan, pemulihan, peningkatan, pencegahan, pelayanan rujukan dan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat.

Dalam menjalankan tugas sebagai bidan pelaksana di RSUD Kabupaten Temanggung, terdapat isu/permasalahan yang ditemukan antara lain: (1) kurang optimalnya edukasi pasien mengenai perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung, (2) kurang optimalnya edukasi kepatuhan cuci tangan pasien dan penunggu pasien di Ruang Mawar RSUD Temanggung, (3) kurang optimalnya pelayanan informasi tentang peraturan jam besuk bagi pengunjung di Ruang Mawar RSUD Temanggung, (4) kurang sistematisnya pencatatan buku laporan operan jaga di Ruang Mawar RSUD Temanggung, (5) kurang optimalnya kepatuhan petugas melaksanakan prosedur perkenalan diri sebelum tindakan/asuhan.

Inovasi ini dibuat berdasarkan identifikasi beberapa isu yang berasal dari individu, unit kerja, maupun organisasi yang kemudian diprioritaskan untuk dapat diselesaikan. Isu yang diangkat untuk kemudian perlu diselesaikan adalah kurang optimalnya edukasi pasien mengenai perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung. Gagasan untuk menyelesaikan isu tersebut yaitu dengan melakukan OPTIMALISASI EDUKASI PASIEN MENGENAI PERAWATAN LUKA PASCA OPERASI OBSTETRI GINEKOLOGI DI RUANG MAWAR RSUD TEMANGGUNG.

Optimalisasi Edukasi Pasien Mengenai Perawatan Luka Pasca Operasi Obstetri Ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung dilakukan dengan melakukan tahapan sebagai berikut: (1) membuat draft SPO edukasi pada pasien dengan e-leaflet mengenai perawatan luka pasca operasi, (2) membuat website sebagai wadah e-leaflet yang akan dipublikasikan dengan menggunakan aplikasi Wordpress, (3) membuat e-leaflet perawatan luka pasca operasi, (4) membuat akrilik tent card kode QR sebagai kode cepat mengakses website e-leaflet dengan menggunakan QR code Generator dan meletakkannya di nurse station, (5) memberikan edukasi dan e-leaflet perawatan luka operasi pada pasien pasca operasi.

Adapun inovasi ini memiliki kebaharuan maupun keunggulan yang dapat dilihat dari kondisi sebelum dan sesudah tahapan inovasi dilaksanakan diantaranya: (1) Sebelum adanya SPO edukasi pada pasien dengan e-leaflet mengenai perawatan luka pasca operasi terjadi perbendaan persepsi petugas terkait dengan pemberian edukasi. Setelah adanya SPO edukasi menggunakan e-leaflet, petugas memiliki panduan yang sama dalam melakukan edukasi pada pasien mengenai perawatan luka pasca operasi. (2) Media digital edukasi dalam bentuk e-leaflet mengenai perawatan luka pasca operasi yang dipublikasikan dengan menggunakan website selain dapat digunakan dalam menjalankan tugas pelayanan kebidanan, dapat juga diakses dan bermanfaat sebagai edukasi oleh khalayak umum. (3) Sebelum adanya materi edukasi dalam bentuk e-leaflet tentang perawatan luka pasca operai obstetric ginekologi, masyarakat masih ada yang memegang mitos mengenai makanan yang dihindari pasien dengan luka operasi. Setelah adanya materi edukasi, pemahaman masyarakat dapat diluruskan sesuai panduan yang ada. (4) Metode edukasi yang dilakukan sebelumnya masih belum optimal karena disampaikan secara lisan. Akan tetapi setelah inovasi e-leaflet tentang perawatan luka pasca operai obstetric ginekologi diterapkan, selain petugas yang dimudahkan, masyarakat juga dapat mengakses melalui akrilik tent card QR code e-leaflet. (5) Setelahnya kegiatan edukasi dengan menggunakan e-leaflet tentang perawatan luka pasca operai obstetric ginekologi dapat diberikan pada setiap pasien yang telah melakukan operasi obstetric ginekologi.

Tujuan inovasi daerah:

  • Meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga tentang perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung;
  • Mengoptimalkan kinerja petugas dalam memberikan edukasi perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi kepada pasien dan keluarga.

Manfaat yang diperoleh:

  • Pasien yaitu meningkatnya pengetahuan pasien mengenai perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi;
  • Keluarga Pasien yaitu meningkatnya pengetahuan keluarga mengenai perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi;
  • Petugas Ruang Mawar RSUD Temanggung yaitu memudahkan petugas memberikan edukasi perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi kepada pasien dan keluarga;
  • Rumah Sakit yaitu dengan adanya inovasi pemberian edukasi kepada pasien melalui e-leaflet sehingga mewujudkan misi RSUD Temanggung menjadi Rumah Sakit yang terpercaya sebagai pusat pelayanan dan Pendidikan Kesehatan;
  • Masyarakat yaitu dengan mudahnya mengakses materi edukasi perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi.

Hasil yang dirasakan dengan adanya Inovasi:
1.     Draft SPO edukasi pada pasien dengan e-leaflet mengenai perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung;

2.     Website sebagai wadah e-leaflet yang mudah diakses publik;

3.     E-leaflet tentang perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung;

4.     Akrilik tent card kode QR sebagai kode cepat mengakses website e-leaflet di Ruang Mawar RSUD Temanggung;

5.     Peningkatan pengetahuan pasien dan keluarga tentang perawatan luka pasca operasi obstetri ginekologi di Ruang Mawar RSUD Temanggung.